One of The Best Moment in My Life: BLUE MOON, 2013 CNBLUE WORLD TOUR LIVE IN JAKARTA

So here it is my first story.

Pernah baca di timeline twitter, katanya “Ngeblog deh biar ga lupa”. So, sekarang gua mau tulis apa yang terjadi pada lebih dari 2 minggu yang lalu. One of the biggest moment in my life (so far), dan yang pasti sih unforgettable (parrrah!). Biarlah, kalau sampai tulisan ini jadi panjang banget. Demi biar ada jejaknya apa yang udah terjadi itu ahahaha

Tulisan kali ini adalah tentang…. *drumrolls* KONSER CNBLUE! KYAAAAAAAAAAA!!!! *fangirling mode: on*

Yap. Dari gelombang Korea yang rame banget ini, dari sekian idol Korea yang satu kelompok bisa bikin satu pasukan perang, dari banyaknya cowok-cowok bergelinjang di atas panggung sambil nyanyi, dari sekian cewek cantik berpaha photoshop, cuma satu yang ngena banget di hati dan  gak terganti. CNBLUE. Perlu diingat dan digarisbawahi, kalo CNBLUE bukan boyband yang menggelinjang di atas panggung, tapi mereka adalah sebuah grup band yang beranggotakan 4 orang dengan komposisi 2 gitaris + vokalis, 1 basis, dan 1 drummer. So, sekali lagi CNBLUE adalah grup band Korea yang sebenernya lebih dulu debut di Jepang. Gak pernah tau kalo kpop juga punya band? Silahkan anda pergi ke situs pencari video ternama. Masalah musik udah gak perlu diragukan lagi, oke banget deh. Jadi bukan cuma visual mereka yang oke, tapi skill mereka juga oke punya.

Pas pertama kali denger (waktu itu masih awal banget masuk kuliah) lagu CNBLUE itu lagu LOVE dan gatau gimana langsung jatuh hati (padahal saat itu masih asing banget sama bahasa Korea) sama band ini sampe sekarang. Sampe tulisan ini dibuat gua jatuh hati sama CNBLUE. Bias? Gua suka banget Yonghwa. Suka banget juga sama Minhyuk. Kenapa gak Jonghyun? Duh dia mah udah ganteng. Absolut. Jungshin mah hahahihi aja yah ahahaha.  Nah, waktu artis-artis kpop mulai dateng ke Indonesia dan temen-temen gua satu per satu udah mulai liat penampilan live artis favoritnya pake mata kepala sendiri, gua mulai sirik. CNBLUE gak pernah dateng ke Jakarta. Gua mengapresiasilah musik Korea, tapi kalo bukan artis idola gua, gua gak mau buang-buang duit gua juga. Jadi, kalopun gua dateng liat artis Kpop itu pasti gratisan mihihi. Nah, buat CNBLUE gua bener-bener bikin pengecualian. Gua selalu pengen liat live-nya mereka. Gua bahkan bertekad kalo gua harus nonton konser mereka, at least sekali dalam hidup gua. Pilihanya cuma 2: nonton di Jakarta, atau langsung di Korea.

Sebenernya waktu tahun 2011 kemaren, mereka udah mau banget konser di Jakarta, tiket udah dijual, tapi karena katanya tiket yang kejual gak sampe permintaan pihak manajemen (80% dari kapasitas venue), akhirnya konser batal. Untung gua lagi waktu itu gak jadi beli tiketnya muahahaha

Penantian panjang gua mulai tahun 2010, akhirnya berbuah hasil di tahun 2013 ini. Gua ga perlu pergi ke Korea (you know, one of my reasons why I want to apply any exchange program to Korea is so I will be able to come to one of CNBLUE’s concert or show in there hahaha) untuk bisa liat mereka live, tapi mereka justru nyamperin ke Jakarta! Yihaaaaaaa!!

Info konser ini gua dapet dari Nunuy (temen fangirling-an, sekaligus salah satu orang yang ngenalin CNBLUE juga ke gua). Inget banget lagi waktu itu bulan puasa, pagi-pagi Nunuy mention tentang info ini dan langsung gua cross-check ke fanpage officialnya CNBLUE di Facebook dan tada… ternyata itu semua bukan wacana. Di sana langsung tertera seating plan dan harga tiketnya. Men, gua langsung menbung saat itu. CNBLUE is coming to Jakarta. Mati. Gak lama Isan mention juga tentang berita ini dan akhirnya setelah babibu, akhirnya kita memutuskan untuk nonton bareng-bareng… dan beli yang tribune aja (ahahaha). Berhubung venue-nya di Tennis Indoor dan kata Nunuy itu venue-nya oke, gak gede macem Meis, jadi kalo pun di tribune, semuanya masih keliatan jelas pake mata. Alhamdulillah-nya, tahun ini gua nyoba untuk jadi translator lepas untuk komik Korea, lumayanlah ada sedikit uang, jadi gua ga khawatir waktu mau nontonnya karena gua punya uang! Haha. Mamake sempet protes ngapain sih gua pake nonton konser segala, tapi mau apa lagi tiketnya udah dibeli hehehe. (tips buat yang punya orangtua rada bawel sama uang, kalo lagi mau nonton konser dan punya uang sendiri, gak usah bilang-bilang dulu ke orangtua kalo lu mau nonton konser. bilanglah saat lu udah beli tiket konsernya. so, orangtua udah gak bisa berkutik juga kan. ahaha)

Sabtu, 19 Oktober 2013.

Harinya pun tiba. Sebenernya meskipun tiket udah dibeli dari 2 bulan sebelumnya, gua merasa gak nyaman karena takut banget suatu ketika ada kabar kalo mereka batal berangkat. Sampe akhirnya gua baca twitnya Jungshin yang ngomongin Jakarta, sampe akhirnya gua liat Yonghwa ngetwit sebelum dia dateng ke Jakarta. Fix mereka dateng. So, malem sebelum hari H janjian sama Nunuy buat berangkat bareng. Jadi gua itu nonton bareng Nunuy, Isan, dan temennya Isan dari Bandung yang namanya Dhion (sengaja diajak Isan biar dia gak cowo sendirian katanya ahaha). Nah, tadinya kita mau berangkat dengan formasi lengkap dari Bogor, tapi karena Isan baru ke Bogor pas Sabtu paginya, alhasil gua dan Nunuy milih buat jalan duluan aja untuk mengejar spot oke.

Kami berangkat jam 9 lewat dari Bogor. Perjalanan panjang buat sampe Tennis Indoor. Naik kereta, kopaja, trus turunnya kejauhan yang mengakibatkan kita mesti jalan kaki jaaaaaaauh banget dan berujung naik taksi ke Tennis Indoor dari FX. Lucu deh, waktu sampe ke istora tanya pa Satpam gitu kan Tennis Indoor di mana, bapanya langsung jawab “wah jauh dek”, anjiir zonk parah. Muka Pa Satpamnya aja udah kayak kasian gitu liat kita ahahaha. Sampe depan Tennis Indoor jam setengah 12-an kayaknya. Slow lah kita observasi sekeliling gitu dan konyolnya lagi waktu jalan gitu gak sadar kalo orang-orang itu udah duduk dalam antrian gitu. Celingukan dulu sama Nunuy meresapi suasana sekitar, dan akhirnya kita malah duduk aja di rerumputan sebelah orang-orang yang duduk antri (panas banget Bro waktu itu!). Sempet 2x hoax gitu, orang-orang langsung rame berdiri buat antri, cari spot. Gua dan Nunuy? Nyelip. Ahahaha. Maaf ya, kami emang gak tau diri langsung nyelip aja dari pinggir ahahaha. Sebenernya itu kami nyelip beneran modal nekat, selain karena gak antri dari awal, saat itu tiket masih ada di Isan dan Isannya masih ada di antah berantah ahahaha. Sekitar jam 1 atau setengah 2 gitu, yang antri bener-bener udah antri, padahal gate baru dibuka jam 4. Jam setengah 3-an gitu akhirnya ketemu Isan juga dan dia kasih map tiketnya. Gua sama Nunuy tetep diantrian dan Isan sama Dhion nunggu di tempat rumput yang tadi gua duduk-duduk sama Nunuy. Gak lama suasana chaos banget. Gua sama Nunuy masuk dalam antrian lebih dalem lagi dan akhirnya memutuskan untuk pisah sama Isan-Dhion. Gua sama Nunuy udah nempel aja itu jangan sampe kepisah karena yang lain udah pada beringas, marah-marah, kesel, karena antrian yang berantakan dan kedorong kesana-kemari. Gua cuma bisa diem aja sambil mastiin Nunuy ada di belakang selalu. Cuma satu yang gua takutin waktu itu: gua takut pihak manajemen CNBLUE lihat betapa chaos-nya di luar dan dia malah mutusin untuk batalin konsernya. Tapi alhamdulillah, ketakutan gua gak berwujud nyata. Dengan penantian panjang akhirnya gua dan Nunuy berhasil lewatin gate pertama penuh derita itu. Sebelum antri lagi buat masuk ke venue, sempet dibagiin kayak invitation gitu tulisannya Blue Moon buat semua pengunjung yang dateng, tanpa terkecuali. Apa yang gua kira invitation itu ternyata adalah postcards CNBLUE official dari FNC. Wohoooo!

CNBLUE's official postcards

CNBLUE’s official postcards

Pas lagi antri buat masuk venue-nya, akhirnya kami bertemu dan bersatu dengan Isan dan Dhion dan pas udah giliran masuk gua ikutin Nunuy yang lari buat cari spot oke. Pas udah di dalem ternyata bagian depan udah diisi semua, tapi kami gak ilang akal. Gak ada pikiran banget buat cari ke atas, pokoknya depan. Akhirnya kami cuma diem dulu di depan situ dan memanfaatkan tangga yang kosong. Kami berempat duduk manis di tangga. Untungnya kami gak disuruh pindah aja ke atas hahaha. Waktu nunggu konsernya mulai Isan sempet nyeletuk, “Gilak, Ti, akhirnya kesampean juga kita beneran nonton konsernya CNBLUE.” Iya emang gak nyangka banget akhirnya beneran kesampean kalimat “kalopun gua harus nonton konser Kpop, gua mau nonton CNBLUE aja.” >,<

Let's begin the show!

Let’s begin the show!

So, setelah video tentang sekolah CNBLUE di Afrika dan VCR singkat CNBLUE, kurang-lebih pada jam 7.00 pm konser pun dimulai. KYAAAAAAAA!! CNBLUE DI DEPAN MATAAAA!!!! Meskipun di tribune, mata gua masih bisa nangkep sosok Yonghwa kyaaa!! Fangirling dimulai. Lagu pembukanya Where You Are. Gak pake basa-basi mereka semua tampil dengan sangat memukau. Selama konser berlangsung, gak ada yang mereka lakukan selain nyanyi dan nge-band ahahaha salutnya meskipun dibantu sama monitor, tapi mereka coba buat komunikasi pake bahasa Indonesia langsung. Jadi gak ada tuh namanya interpreter di konser ini. Semuanya dilakuin sama CNBLUE sendiri. Kalo gak pake bahasa Indonesia, ya mereka pake bahasa Inggris. Gak ada yang ngomong bahasa Korea sama sekali, kecuali Jungshin dan itu pun cuma sekali sepanjang kesempatan mereka ngomong. Yonghwa jelasin juga katanya postcards yang dibagiin di depan tadi itu adalah hadiah dari mereka karena lagi waktu itu sempet batal dateng ke Indonesia. Ah sweet banget sih CNBLUE. Aku padamu bangeeet❤.Oh ya, btw gua dan temen-temen kan ada di sisi kanan panggung, di mana itu adalah sisinya Jungshin (formasi CNBLUE akan selalu sama, di tengah ada Yonghwa, kirinya Yonghwa itu Jonghyun, kanannya ada Jungshin, dan Minhyuk di belakangnya Yonghwa) maka dengan secara langsung Jungshin akan sering main ke pinggir daaaaan Ya Allah Ya Tuhaaan, Jungshin aja ganteng doooongs!! >,<

Di awal-awal penampilan, crew promotornya itu ngawasin ketat banget. Digicam itu dilarang banget dibawa ke venue. Gua bawa tuh lengkap sama batrenya bejibun, eh alhasil gak berani gua keluarin karena cewek deket Nunuy ditegur berkali-kali ketauan bawa digicam dan ngerekam sampe akhirnya dibawa keluar sama crew (yang akhirnya gua tau katanya foto-foto atau rekaman apapun itu disuruh dihapus. sedih amaaaat). Dhion yang lagi foto-foto pake hp aja kena tegur sama mbak-mbak. Asli lah strict abis. Jadinya gua bener-bener nikmatin konser pake mata dan hati gua (ceilah!). Sempet ambil foto sih pake hp tapi banyakanny blur! Ahahaha. Mata gua bener-bener dimanjain banget.

Selama konser, mata gua tertuju pada Yonghwa. Gak bisa lepas banget. Kemana Yonghwa pergi mata gua ngikutin tanpa gua sadarin. Seru banget liat Yonghwa joget-joget akward gitu, badannya kaku parah jadi lucu liatnya. Ngeliat Yonghwa nyengir-nyengir. Men, itu pembuktian nyata banget kalo si Yonghwa manusia seutuhnya >,<. Sementara Minhyuk, cuma bisa liat dari big screen aja. Dia gak lepas dari drumnya. Tapi dia punya kamera sendiri di drum set-nya, jadi bisa liat dengan puas senyum manisnya yang asli manis bangeeeeeeet. Jonghyun mah otot lengannya bersinar parrrah! Cuma dia yang pake sleeveless. Pamer banget dia punya otot bagus dan bikin mata gua merhatiin ototnya doang >,< Aslilah tapi si Jonghyun itu coooool banget.

Yonghwaaaaaaaa!!!

Yonghwaaaaaaaa!!!

Oh ya, jadi lagu-lagu di konsernya itu dibagi-bagi gitu. Awal-awal dikasih lagu yang nge-rock, bikin panas suasana banget. Terus dilanjutin sama yang agak ballad gitu, macemnya Feeling sama 사랑빛. Terus langung dipanasin lagi pake lagu yang nge-beat, yang bisa bikin goyang-goyang. Gak lama, penampilan berhenti dulu dan tada! Encore pun dimulai. Mereka yang sempet ilang dari panggung langsung balik dan ganti kaos mereka jadi kaos-Blue Moon-yang-gua-pengen-banget-itu.

Jeda sebelum encore, abis ini dikasih vcr singkat juga

Jeda sebelum encore, abis ini dikasih vcr singkat juga

Goodbye darling, hey you!

Goodbye darling, hey you!

Aslilah konsernya gak kerasa banget dan gua sangat menikmatinya. Tau-tau udah dikasih encore aja. Encore dibuka dengan lagu Hey You yang cool abis! Penampilan mereka dari awal sampe akhir gak mengecewakan. Semua ditampilin secara live, lagu-lagu yang dibawain juga gak sama kayak rekamannya, kerasa banget deh feel konsernya. Pas lagi encore gini si Yonghwa untuk yang kesekian kalinya nyamperin ke sisi panggung deket tribun kami dan gua udah saking freaknya ikutan orang lari nyamperin ke arahnya dan berhasil liat dari deket senyum dia yang anjir bikin lupa sekitar! Jonghyun juga sempet nyamperin ke sisi itu dan Nunuy berhasil rekam momen berharga itu. 좋겠지? ㅋ.

20131019_205026[1]Sekitar jam 9.15 konser pun selesai. Kurang lebih 25 lagu mereka bawain. Mereka menutup konser dengan lagu Try Again, Smile Again (english version). Sediiiih konsernya udahan. Abis nyanyi mereka pun jalan buat insa terakhir ke penonton. Sayang banget waktu itu hp gua udah lowbat ._. Sebelum mereka menghilang dari panggung, mereka sempet foto-foto dulu kayak biasanya mereka kalo abis konser dan waktu gua dijalan pulang, ada update dari Jonghyun dan dia juga kirim fotonya itu. Ah sweet. Semoga aja konser di Jakarta ini berkesan buat mereka dan bikin mereka gak kapok buat balik lagi.

2013 BLUE MOON CONCERT LIVE IN JAKARTA

2013 BLUE MOON CONCERT LIVE IN JAKARTA

Pas keluar venue, ternyata di luar ujan. Meskipun ujan turun, gua keluar dengan penuh senyum kepuasan. Gua ngerasa seneng banget dan puasss banget sama konsernya. Ini kali pertama gua nonton konser band luar (Kpop pula), dan gua ga ngerasa nyesel udah ngeluarin 600k buat ini. Seneng rasanya bisa nonton konser idola, ngerasain crowd-nya. Ngerasa worth it banget sama konser ini . Akhirnya, gua berhasil coret satu dari wishlist gua: Nonton live concert CNBLUE. Udah nonton gini bikin gua ngerasa cukup? Kayaknya engga deh. Kalo nanti mereka dateng lagi, harus lagilah nonton. Hihihihi.

-After effect-

Emang dasarnya cewe ya, gua sama Nunuy gak berhenti buat fangirling. Beres nonton, di mobil (yang mana Dhion sama Isan sibuk ngurusin mobil) kita masih aja fangirling-an via fancamnya Isan. Gua yang nginep di rumah Nunuy malem itu juga pas nyampe bukannya langsung tidur, tapi malah fangirling-an. Besok paginya, langsung cari foto-foto konser semalem. Hahahaha. Suara gua pun sampe serak parah beberapa hari akibat ini. Gua yang awalnya emang udah bindeng, terus teriak-teriak JUNG YONGHWA! pas lagi konser, udah deh jadi abis ._.

Gak berhenti sampe disitu. Sampe tulisan ini dibuat pun gua masih aja fangirling-an CNBLUE. Ditambah Yonghwa dan MInhyuk yang lagi main drama, gua makin gak bisa behenti untuk gak fangirling-an. Kemaren Jumat baru aja minta fancam dari hp-nya Isan. Kalo nontonin fancamnya rasanya gak bisa buat gak senyum-senyum sendiri. Sampe sekarang gua masih kebayang aja loh Yonghwa yang joget (tapi keliatannya malah kayak bergetar-getar gak jelas gitu) waktu lagu Feel Good. Lucunya lagi, di fancam dari Nunuy dan Isan itu pasti ada suara teriakan gua manggil-manggil Yonghwa dan juga teriakan Nunuy yang histeris tiap liat Jonghyun! ahahahaha >,< Bener-bener deh unforgettable moment, one of the best moment in my life banget konser BLUE MOON ini.

THANK YOU CNBLUE!

Leave a Reply

